Powered By Blogger

Minggu, 24 April 2011

Buku Panduan OSIS 2010


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Buku Panduan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Tahun Ajaran 2009 / 2010.
Dalam kesempatan ini, dengan rendah hati kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian Buku Panduan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Tahun Ajaran 2009 / 2010.
Semoga Buku Panduan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Tahun Ajaran 2009 / 2010 ini dapat bermanfaat bagi adik-adik kelas X baru. Dan menjadi bahan acuan untuk generasi yang akan datang.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan karya tulis ini masih banyak kekurangan dan bahkan jauh dari sempurna baik isi dan penulisannya.
Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu menyertai langkah dan perjalanan kita, dan mudah-mudahan Buku Panduan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Tahun Ajaran 2009 / 2010 ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan semua pihak.

Mangunjaya,      Juni 2009

Penyusun


DAFTAR ISI

Kata Pengantar............................................................................
Daftar isi......................................................................................
Sambutan Kepala Sekolah...........................................................
Sambutan Ketua OSIS................................................................
Biodata Peserta...........................................................................
Selayang Pandang SMAN 1 Mangunjaya.....................................
Tata Tertib...................................................................................
Daftar Guru.................................................................................
Daftar Pegawai TU......................................................................
Daftar Perkenalan Siswa..............................................................
Susunan Pengurus OSIS..............................................................
Lagu-lagu....................................................................................
Catatan penting............................................................................


SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Masa Orientasi Peserta Didik atau MOPD adalah salah satu kegiatan pada awal tahun pelajaran yang harus diikuti oleh setiap siswa baru kelas X, bertujuan untuk memperkenalkan SMAN 1 Mangunjaya secara keseluruhan. Kegiatan-kegiatan dalam MOPD semuanya dirancang sedemikian rupa sehingga bersifat mendidik dan menyenangkan tidak ada yang bersifat perpeloncohan yang menjurus pada tindak kekerasan. Dengan demikian kegiatan MOPD, siswa baru dapat beradaptasi dengan baik dengan seluruh warga dan lingkungan sekolah, yang pada gilirannya diharapkan dapat mengikuti setiap kegiatan baik intra kulikuler maupun ekstra kulikuler yang diselenggarakan sekolah dengan baik, untuk membangun intelektualitas dan kepribadian yang tangguh serta mandiri dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan.
Mengingat besarnya manfaat pelaksanaan kegiatan MOPD, Bapak himbau kepada seluruh siswa baru kelas X tahun pelajaran 2009 / 2010 SMA Negeri 1 Mangunjaya supaya mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan disiplin. Jadikan kegiatan MOPD ini sebagai mahana untuk mengenal lebih dekat tentang SMA Negeri 1 Mangunjaya, sehingga menambah mantap dan siap untuk belajar. Sebagai gambaran awal perlu diketahui bahwa SMA Negeri 1 Mangunjaya termasuk salah satu Rintisan Sekolah Kategori Mandiri di Kabupaten Ciamis. SMA Negeri 1 Mangunjaya sejajar, bahkan pada beberapa hal lebih dibanding dengan sekolah lain, oleh sebab itu tidak pada tempatnya bila kita menjadikan sekolah ini sebagai pilihan kedua, tetapi jadikan sebagai pilihan utama. Sumber daya manusia di SMA Negeri 1 Mangunjaya baik pendidik maupun tenaga kependidikan sangat potensial, oleh sebab itu bukan hal yang mustahil dengan kerja keras bersama suatu saat nanti akan menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Saya haturkan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia dan penyelenggara yang telah bekerja dengan sangat baik sehingga MOPD dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kepada seluruh siswa baru kelas X tahun pelajaran 2009 / 2010, selamat datang dan selamat bergabung dengan SMA Negeri 1 Mangunjaya, kampus kebanggaan kita semua. Tuntutlah ilmu sebanyak-banyaknya, berlatihlan dengan tekun mudah-mudahan tercapat apa yang dicita-citakan.

Mangunjaya,       Juli 2009
Kepala SMAN 1 Mangunjaya

Drs. SUARMAN GUNTARA
NIP. 19640730 198703 1 004


SAMBUTAN KETUA OSIS

MOPD atau Masa Orientasi Peserta Didik merupakan salah satu syarat kegiatan yang harus dilaksanakan oleh calon siswa baru yang memasuki kampus SMA Negeri 1 Mangunjaya. Kegiatan MOPD ini bertujuan untuk memperkenalkan seluruh keadaan baik fasilitas maupun kuantitas yang ada di SMA Negeri 1 Mangunjaya agar siswa dapat beradaptasi dengan warga dan lingkungan SMA Negeri 1 Mangunjaya. Kegiatan MOPD ini bersifat mendidik serta memberi pengetahuan bagi siswa baru kelas X                                  tahun pelajaran 2009 / 2010.

Saya ucapkan selamat datang dan selamat bergabung untuk adik-adiku calon siswa kelas X baru dengan semua warga SMA Negeri 1 Mangunjaya. Perlu adik-adik ketahui bahwa SMA Negeri 1 Mangunjaya termasuh salah satu Rintisan Sekolah Kategori Mandiri di Kabupaten Ciamis.

Adik-adiku laksanakanlah kegiatan MOPD ini dengan sebaik-baiknya, agar keingin dan cita-cita adik-adik semua untuk belajar dan menuntut ilmu di SMA Negeri 1 Mangunjaya ini dapat tercapat sesuai dengan apa yang adik inginkan. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara MOPD yang telah bekerja dengan sangat baik.

Mangunjaya,      Juli 2009
Ketua OSIS SMAN 1 Mangunjaya


ADE RENI



BIODATA PESERTA

Nama Lengkap          :  .......................................................................
Alamat                      :  .......................................................................
                                    .......................................................................
Tempat, Tgl. Lahir     :  .......................................................................
Kelas                        :  .......................................................................
Golongan Darah        :  .......................................................................
Motto Hidup             :  .......................................................................


SMA NEGERI 1 MANGUNJAYA
Jl. Raya Mangunjaya Telp. (0265) 656242 Mangunjaya – Ciamis


Pemilik,


………………………..


Buku ini sangat berarti bagi saya, apabila saudara menemukan buku ini harap kembalikan pada yang punya. OK CUY……!


SELAYANG PANDANG SMA NEGERI 1 MANGUNJAYA

Mangunjaya adalah salah satu kecamatan di wilayah Tatar Galuh Selatan, yang merupakan pemekaran dari kecamatan induk yaitu Kecamatan Padaherang. Mangunjaya merupakan daerah potensial yang perlu dikembangkan sesuai dengan kemajuan dan perkembangan zaman. Oleh karena itu dibanunlah sarana pendidikan menengah atas  yakni SMA Negeri 1 Mangunjaya yang didirikan pada tanggal 29 April 1998 dengan nama SMU Negeri 1 Padaherang, karena pada saat itu Mangunjaya adalah salah satu desa di wilayah Kecamatan Mangunjaya.
Sejalan dengan dimekarkannya Mangunjaya menjadi kecamatan baru dan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Ciamis Nomor : 421/Kpts.342-Huk/2005 tanggal 31 Desember 2003, tentang Perubahan Nomenklatur Sekolah Dasar dan Menengah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, maka SMU Negeri 1 Padaherang berubah namanya menajdi SMA Negeri 1 Mangunjaya.
Pada perkembangannya SMA Negeri 1 Mangunjaya sudah beberapa kali mengikuti kegiatan-kegiatan dengan meraih prestasi yang cukup memuaskan dan diharapkan menjadi pusat kebudayaan bagi masyarakat disekitarnya. Dari segi jumlah murid SMA           Negeri 1 Mangunjaya tidak kalah dengan SMA yang berada di daerah perkotaan. Terlihat dengan peningkatan jumlah murid dati yahun ke tahun.
Kepala sekolah yang pernah memimpin di SMA Negeri 1 Mangunjaya :
1.      Drs. KOSLIA
2.      Drs. H. SURYATNA
3.      Drs. H. MAHMUDIN ISKANDAR
4.      Drs. RH. DADY RACHMAT
5.      IWANG GUMIWANG, M.Pd.
6.      Drs. TUTUY GUNTARA, M.Pd.
7.      Drs. SUARMAN GUNTARA
Untuk memantapkan langkah menuju kemajuan di masa depan dibuat Visi dan Misi SMA Negeri 1 Mangunjaya.
Visi Sekolah yaitu :
“ Menuju peserta didik berprestasi, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun memelihara budaya bangsa, dilandasai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa “.
Visi tersebut mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi sekolah sesuai dengan harapan masyarakat.
Misi Sekolah yaitu :
1.      Menumbuhkembangkan intelektualitas dan akhlak peserta didik
2.      Meningkatkan prestasi akademin dan non akademik peserta didik
3.      Menumbuhkembangkan kinerja, kesadaran dan tanggung jawab moral tenaga pendidik sebagai pengajar dan figur teladan
4.      Menumbuhkembangkan kinerja tenaga kependidikan untuk tercapainya layanan yang optimal
5.      Mengadakan dan meningkatkan sarana prasarana pendidikan untuk mencapai layanan yang optimal
6.      Mengembangkan hubungan yang harmonis antar seluruh komponen pendidikan untuk tercapainya proses pendidikan yang mantar
7.      Meningkatkan jalinan kemitraan dengan lembaga-lembaga lain, baik yang bergerak di bidang pendidikan maupun di bidang lainnya


TATA TERTIB PESERTA
MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK (MOPD)
SMA NEGERI 1 MANGUNJAYA

Setiap peserta MOPD wajib :
1.      Hadir tepat waktu dalam setiap kegiatan
2.      Saling hormat menghormati baik kepada guru / karyawan, pendamping atau sesama peserta MOPD
3.      Menjaga kebersihan lingkungan kelas / sekolah
4.      Menjaga kebersamaan dengan sesama peserta
5.      Memberi salam ketika bertemu dengan guru, pendamping atau sesama peserta
6.      Tidak boleh bertindak dan berkata tidak sopan
7.      Peserta tidak boleh :
a.       Merokok
b.       Membawa, mendengarkan / mengkonsumsi NARKOBA
c.       Membawa senjata tajam atau senjata api lainnya di dalam kelas / di lingkungan sekolah
d.       Keluar tanpa seizin pendamping
e.       Memakai kalung, gelang, cincin, atau aksesoris lainnya bagi peserta putera
f.        Memakai make up dan perhiasan berlebihan bagi peserta puteri
8.      Berpakaian rapih seragam SMP / MTs asal sekolah masing-masing lengkap dengan atributnya
9.      Memakai sepatu warna hitamdan kaos kaki warna putih polos setengah betis
10.  Wajib mentaati tata tertib ini ! bagi yang melanggar akan diberikan sanksi sesuai dengan pelanggaran atau dianggap gugur mengikuti MOPD dan wajib mengikuti pada tahun pelajaran berikutnya
11.  Peraturan-peraturan lain yang dianggap perlu akan ditetapkan kemudian


DAFTAR GURU
SMA NEGERI 1 MANGUNJAYA

No.
Nama
Bidang Studi
Paraf
1
Drs. SUARMAN GUNTARA
Kep Sek. / Fisika

2
IIN SUPINI, S.Pd.
Geografi

3
Drs. ENJEM PERMANA
Biologi

4
Drs. SOLEMAN, M.Pd.
PAI

5
MINAR NURYADI, S.Pd.
Kimia

6
Drs. SARIKIN, M.Pd.
PKn

7
FATKHUROHMAN, S.Pd.
Sosiologi

8
Drs. DEDI S, S.Pd.
Ekonomi

9
Dra. TRI N
Sejarah

10
TINTIN HARTINI U, S.Pd.
Fisika

11
Dra. SUKATINI
B. Indonesia

12
NURYAMAN, S.Pd.
Penjaskes

13
SUSI RD, S.T
Kimia

14
HENDRA K, S.Pd.
B. Inggris + PLH

15
KURNIADI, S.Pd.
Biologi + TIK

16
ENTIN M, S.Pd.
Biologi + B. Sunda

17
IDA FARIDA, S.Pd.
B. Inggris

18
FIAN HERANICA, S.Pd.
Matematika

19
SUHARTI, S.Pd.I
PAI + B. Arab

20
WULAN P, S.Pd.
B. Indonesia

21
AWAN P, S.Pd.
TIK

22
ENDAH NF, S.Pd.
B. Inggris

23
SATINAH
Fisika

No.
Nama
Bidang Studi
Paraf
24
ANNE A, S.Pd.
Sosiologi + PKn

 25
INA R, S.Pd.
Ekonomi + Sejarah

 26
ANNi N, S.Pd.
B. Inggris

 27
Ir. ERLAN BP
Kesenian

28
SUBAGIO S, S.Pd.
Kesenian

29
INA
B. Indonesia

30
IRFA RAZAK, S.Pd.
B. Indonesia

31
WIWIK
Matematika

32
OJAT R
TIK




DAFTAR TATA USAHA
SMA NEGERI 1 MANGUNJAYA

No.
Nama
Jabatan
Paraf
1
KASIBAN S
Ketua

2
AWAN P, S.Pd.
Pelaksana

3
ENUNG N
Pelaksana

4
ELIN HERLIAWATI
Pelaksana

5
OJAT RUHIYAT
Pelaksana

6
SUYATNO
Pelaksana

7
AGUS GALIH P
Pelaksana

8
CARMAN
Pelaksana

9
KOMARA
Pelaksana




KOLOM PERKENALAN SISWA
SMA NEGERI 1 MANGUNJAYA

No.
Nama
Kelas
Asal Sekolah
Paraf
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20




21




22




23




No.
Nama
Kelas
Asal Sekolah
Paraf
24




25




26




27




28




29




30




31




32




33




34




35




36




37




38




39




40




41




42




43




44




45




46




47




48




49




50




SUSUNAN PENGURUS OSIS
SMA NEGERI 1 MANGUNJAYA
PERIODE 2008 / 2009

BADAN PENGURUS HARIAN

SEKSI BIDANG


1.      KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA
-         CICIH HAWANI S
-         DWI WAHYUNINGSIH
-         NUR ROHMAN
-         SITI MUNIROH

2.      KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
-         ERI SAENDA
-         EVI ARISTYA P
-         TIAS HARTANTI
-         RANI ANGGIA P

3.      PENDIDIKAN PENDAHULUAN BELA NEGARA
-         YOFI LATUL L
-         EKA PURWANINGSIH
-         SARIP HIDAYAT
-         SILVIA MEISYA R.

4.      KEPRIBADIAN DAN BUDI PEKERTI LUHUR
-         EDI HIDAYAT
-         HERINA
-         TUTI
-         AMI FAUZIAH L

5.      BERORGNISASI, PENDIDIKAN POLITIK
-         NUSI SAE NEGARA
-         SITI MAEMUNAH
-         PUJI ASTUTI
-         SRI WINDARI



6.      KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN
-         YADI JUPRIYADI
-         MARIA FITRIYANI
-         ASEP SAEPUDIN
-         INDRA ERI K

7.      KESEGARAN JASMANI DAN DAYA KREASI
-         TRIANA
-         IIK TIAS
-         MR. MUJAHID
-         RIANTO

8.      PERSEPSI APRESIASI DAN KREASI SENI             
-         KAMILAN
-         NONENG H
-         SENNI SARI
-         M. ANDI H.

















Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
ADE RENI
Ciamis,
Dusun RT. RW
Ds. Sukamaju Kec. Mangunjaya
XI IPA 1
Ketua OSIS




Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
GUNAWAN FEBRIAN
Ciamis,
Dusun RT. RW
Ds. Jangraga Kec. Mangunjaya
X.4
Wakil Ketua OSIS




Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
RIZAL ARISTIAWAL
Ciamis,
Dusun RT. RW
Ds. Mangunjaya Kec. Mangunjaya
XI IPA 1
Sekretaris 1




Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
IMAN ROHIMAN
Padaherang, 10 Agustus 1992
Dusun Bojonggenteng RT. 08 / 02
Ds. Kertajaya Kec. Mangunjaya
X. 6
Sekretaris 2








Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
INDRIYANI
Ciamis,
Dusun RT. RW
Ds. Mangunjaya Kec. Mangunjaya
XI IPA 1
Bendahara 1




Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
RAHMA AZHARI M
Ciamis,
Dusun RT. RW
Ds. Jangraga Kec. Mangunjaya
X.4
Bendahara 2




Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
CICIH HAWANI S.
Ciamis,
Dusun RT. RW
Ds. Sukamaju Kec. Mangunjaya
XI IPA 2
Sekbid 1




Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
DWI WAHYUNINGSIH
Ciamis,
Dusun  RT  
Ds. Sukamaju Kec. Mangunjaya
XI IPA 2
Sekbid 1







Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
NUR ROHMAN
Ciamis,
Dusun RT. RW
Ds. Sukamaju Kec. Mangunjaya
X. ^
Sekbid 1




Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
SITI MUNIROH
Ciamis,
Dusun RT. RW
Ds. Mangunjaya Kec. Mangunjaya
X.6
Sekbid 1




Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
ERI SAENDA
Ciamis,
Dusun RT. RW
Ds. Kertajaya Kec. Mangunjaya
XI IPA 1
Sekbid 2




Nama
Tempat, Tgl. Lahir
Alamat

Kelas
Jabatan
:
:
:

:
:
EVI ARISTYA PUTRI
Ciamis
Dusun  RT.  RW
Ds. Mangunjaya Kec. Mangunjaya
XI IPA 1
Sekbid 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar